NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Upaya SMK-PP Negeri Kupang Melestarikan Pohon Cendana

Cendana merupakan tanaman yang kayunya dapat digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum hingga sangkur keris. Tanaman ini dikenal banyak tumbuh di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sayangnya populasi Cendana di Provinsi NTT tidak sebanyak dulu. Maka dari itu, SMK-PP Negeri Kupang sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) pendidikan di bawah BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) melaksanakan penanaman Cendana di lingkungan sekolah.

            "SMK-PP Negeri Kupang ingin melestarikan dan mengangkat kembali Cendana sebagai komoditas unggulan di Provinsi NTT. Oleh karena itu, kami menanam Cendana sekaligus untuk menyambut musim tanam", jelas Ir. Stepanus Bulu, MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Kupang.

            Penanaman Cendana di SMK-PP Negeri Kupang dilaksanakan pada 19 Desember 2019 lalu. Waktu tersebut dipilih karena musim tanam telah tiba, ditandai dengan datangnya musim hujan di Kabupaten Kupang. Penanaman kala itu dikoordinir langsung oleh Kepala SMK-PP Negeri Kupang. Bibit yang ditanam berjumlah 40 bibit dengan tinggi antara 20 – 25 cm. Untuk pengadaan bibit ini, SMK-PP Negeri Kupang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

            Hingga saat ini, tanaman Cendana sudah tumbuh. Namun tentu butuh puluhan waktu hingga tanaman ini bisa menjadi pohon dewasa. Selain menanam 40 bibit Cendana itu, SMK-PP Negeri Kupang masih memiliki rencana untuk menanam Cendana lagi. Rencananya akan dicari bibit dengan umur yang lebih tua, sehingga daya adaptasi dan peluang hidupnya lebih tinggi.  

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat