Petani Milenial SMK-PP Negeri Kupang Magang ke Magetan

Sebanyak 17 orang yang terdiri dari pendamping dan kelompok siswa PWMP SMK-PP Negeri Kupang melakukan magang  pada hari Minggu s/d Jum’at pada tanggal 26-31 Januari 2020 di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan dan Pengusaha Ternak Bapak Sudar. Program pemandirian PWMP melibatkan siswa ataupun alumni yang sudah lulus 1 tahun terakhir. Program magang ke Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman para wirausahawan muda dalam mengembangkan rencana bisnis mereka. Dalam program magang kali ini melibatkan DU/DI dalam bidang peternakan sapi dan unggas.

Kementerian Pertanian melalui Badan Pengembangan dan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mempunyai 3 program utama yaitu menyukseskan gerakan Kostratani, menciptakan 50 juta tenaga kerja pertanian, dan mengembangkan petani milenial sebanyak 2.5 juta orang. Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Pusat Pendidikan Pertanian, SMK-PP Negeri Kupang mempunyai peran penting dalam pengembangan petani milenial. Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah melalui program pemandirian Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Untuk materi yang dipelajari sendiri ada bermacam-macam di antaranya Teknik Pemasaran, Analisa Usaha (Manajemen Keuangan), Cara Membangun Mitra (Penyedia Bahan Baku, Pasar, Mentor/Konsultan dan Pemodal), Mengunjungi, mengamati dan berdiskui dengan peternak-peternak plasma yang bermitra dengan PT. Wijaya Kencana Cabang Madiun. Selain itu, untuk materi di ternak sapi adalah Teknik Budidaya (Perkandangan, Pakan, Bibit, Obat-Obatan, Penyakit), Teknik Pemasaran, Analisa Usaha/Manajemen Keuangan, Koordinasi berakhirnya kegiatan magang dan melakukan pengamatan terhadap sistem pengembangan peternakan, pertanian dan daerah wisata.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang menyampaikan bahwa program magang ini sangat penting karena bisa digunakan meningkatkan ilmu dan pengalaman mengenai pembibitan ternak sapi dan unggas dari hulu ke hilir. "Kami sangat mendukung program Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP yang salah satunya adalah mengembangkan petani milenial sebanyak 2.5 juta orang melalui program magang PWMP", tegasnya.