NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Instruksi Mentan, Pekarangan UPT Pusdiktan di Kupang Terapkan P2L

Pekarangan asrama putra SMK-PP Negeri Kupang di ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur [NTT] seluas 100 m2 kian hijau oleh aneka tanaman sayuran seperti terong, pepaya dan cabai. Sementara wortel, kubis, kaylan, lengkuas, jahe dan kunyit di polybag melaksanakan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo melalui program Pekarangan Pangan Lestari [P2L].


"Pemanfaatan pekarangan telah dilakukan sejak Agustus 2019 lalu. Jenis tanaman yang ditanam pun berganti-ganti, disesuaikan dengan musim serta kondisi yang ada," kata Pembimbing Asrama SMK-PP Negeri Kupang, Nikodemus Usfinit melalui pernyataan tertulis, Selasa [9/6].


Menurutnya, kegiatan budidaya dilakukan di luar jam sekolah. Bahan-bahan untuk budidaya memanfaatkan apa yang ada di sekitar. Misalnya pupuk, merupakan feses ternak sapi di instalasi. Tanam di polybag atau pot memanfaatkan limbah dari bungkus minyak goreng maupun gelas plastik.


Kreativitas di pekarangan asrama itu pun berbuah manis. Hasil panen dinikmati sendiri atau dijual kepada civitas SMK-PP Negeri Kupang hingga masyarakat luas. Sebagian hasil penjualan disisihkan agar budidaya berkelanjutan.


Saat pandemi Covid-19, siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang belajar dari rumah. Hal itu mendorong Nikodemus Usfinit, akrab disapa Niko, meneruskan budidaya di pekarangan itu. Apabila pandemi mereda, dia berharap siswa-siswa lebih terlatih untuk kreatif menerapkan ilmu pertanian dalam kehidupan sehari-hari.


“Kegiatan perilaku pertanian ini merupakan kegiatan positif yang harus terus didukung dan difasilitasi agar berlanjut. Hal itu sudah menjadi komitmen kami," kata Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Stepanus Bulu.


Kepala Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP] Idha Widi Arsanti mengapresiasi pengembangan P2L di lingkungan asrama SMK-PP Negeri Kupang. Hal itu sejalan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo untuk memanfaatkan setiap jengkal tanah kosong untuk budidaya tanaman pangan dan hortikultura. 


"Langkah alternatif strategis memenuhi kebutuhan pangan keluarga melalui program P2L, titik beratnya pada pemberdayaan kelompok masyarakat," kata Kapusdik Idha WA mengutip instruksi Mentan Syahrul.


Hal itu juga didukung Kepala BPPSDMP, Prof Dedi Nursyamsi untuk mengembangkan P2L di pekarangan rumah hingga asrama siswa dan mahasiswa dari unit pelaksana teknis [UPT] pendidikan SDM Pertanian di seluruh Indonesia.


"Manfaatkan semua limbah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk organik, kemudian aplikasikan pada tanaman di pekarangan," katanya. 

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat