NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

SMK PP Kupang Dampingi Petani Tingkatkan Produksi dan Kostratani di BPP Naibonat

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pendidikan Pertanian dan SMK PP Kupang terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanain di wilayah binaannya. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kupang Timur, sebagai salah satu wilayah pendampingan SMK PP Kupang terus berupaya meningkatkan layanan dalam mendampingi petani guna meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Kupang. Terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19 ini, pangan senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat sehingga pendampingan petani terus dilakukan. 

Dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, Kementerian Pertanian memiliki program yang disebut Kostratani. Program ini bertujuan untuk membuat single-data dan pusat pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan bahwa BPP merupakan pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di kecamatan.

SMK-PP Negeri Kupang sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) BPPSDMP di Kabupaten Kupang bersama dengan Pusat Pendidikan Pertanian, berusaha berpartisipasi menyukseskan tujuan Kostratani khususnya di Kecamatan Kupang Timur. Sesuai dengan arahan Kepala BPPSDMP bahwa gerakan Kostratani bertujuan untuk menjadi motor penggerak pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. ”Dengan kostratani, pembangunan pertanian akan dikoordinasikan dengan instansi terkait guna mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern”, ungkap Dedi Nursyamsi. 

Dalam pertemuan koordinasi beberapa waktu yang lalu, UPT BPPSDMP itu menawarkan bantuan berupa penggunaan alsintan (alat mesin pertanian) guna memudahkan pengolahan lahan pertanian. Dengan alsintan, tentunya  pengolahan lahan bisa lebih cepat, mudah, dan hemat tenaga.

Menurut Krismus Kapitan, Koordinator Penyuluh di BPP Kupang Timur, Kecamatan Kupang Timur terdiri dari 8 desa dan 5 kelurahan. Wilayah Kupang Timur itu memiliki potensi pertanian pada lahan seluas 5.455 hektar atau sawah seluas 4.000 hektar. Terdapat 528 kelompok tani di Kecamatan Kupang Timur yang menaungi sekitar 5.000 petani. Adapun komoditas yang ditanam di Kupang Timur antara lain, padi, sayur-sayuran, kacang-kcangan dan jagung. 

Dalam pertemuan itu, pihak BPP Kupang Timur berhadap dukungan UPT BPPSDMP melalui program Kostratani bisa berjalan dengan baik dan dapat membantu petani di Kabupaten Kupang, khususnya di Kupang Timur. 

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat