NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

SMK-PP Negeri Kupang Sosialisasikan Kostratani di BPP Kupang

Kedaulatan pangan Indonesia dapat tercapai dengan kerjasama sinergis seluruh pelaku utama, pelaku usaha dan stakeholder pertanian. Kementerian Pertanian (Kementan) hingga Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan harus bersinergi dalam satu komando dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Dari paradigma itulah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menggagas Kostratani sebagai program Kementan demi mewujudkan kedaulatan pangan. 

Menteri Pertanian menyatakan bahwa Kostratani menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di kecamatan. Diharapkan dengan Kostratani bisa dibuat single-data pertanian yang komprehensif dan terpadu sehingga dapat dibuat dasar pembuatan kebijakan. Diharapkan pula penyuluh pertanian di kecamatan lebih proaktif mendampingi petani sehingga memaksimalkan produksi dan mensejahterakan petani.

BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) turut mendukung program Kostratani tersebut. Pada 23 Juli 2020, UPT Badan PPSDMP (Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) yakni SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan Sosialisasi Kostratani kepada BPP Kupang Timur yang merupakan BPP binaan.

Dalam acara yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Kepala Desa Noelbaki dan tim penyuluh BPP Kupang Timur, disosialisasikan persiapan AOR (Agriculture Operation Room) untuk penyampaian data dan informasi terhubung. Dedi Nursyamsi menyatakan untuk membangun BPP model Kostratani, BPP wajib memiliki AOR yang merupakan ruang komando pertanian yang terhubung dengan AOR Kementerian Pertanian maupun BPP lainnya. Dalam pertemuan itu, dijelaskan pula tentang pemetaan lahan pertanian menggunakan drone. Pemetaan dengan drone diketahui menghasilkan data pertanian yang lebih akurat.

“Semakin presisi maka semakin valid data pertanian sehingga akan memperkuat untuk pengambilan kebijakan berikutnya”, jelas Kepala SMK-PP Negeri Kupang. 
    Pembinaan BPPSDMP dalam Kostratani tidak berhenti disitu. Nantinya akan diberikan bantuan berupa penggunaan alsintan (alat mesin pertanian) guna memudahkan pengolahan lahan pertanian. Hal ini agar pengolahan lahan bisa lebih cepat, mudah, dan hemat tenaga.

BPP Kupang Timur sendiri merupakan salah satu BPP di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. BPP Kupang Timur membina 528 kelompok tani dengan luas lahan 4000 hektar. Kecamatan Kupang Timur berperan penting dalam memasok pangan di Kabupaten Kupang. 

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat