NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

UPT BPPSDMP Laksanakan Monitoring PKL di Era New Normal

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret mengharuskan berbagai sektor menyesuaikan kegiatannya. Tak terkecuali Unit Pelaksana Teknis di BPPSDMP Kementerian Pertanian.

(BPPSDMP) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian diketahui menaungi politeknik, sekolah menengah kejuruan hingga balai pelatihan. Sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, kondisi pandemi tidak menghentikan kinerja UPT-UPT tersebut karena BPPSDMP telah menyiapkan protokol pembelajaran/pelatihan secara daring.

“Dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, pendidikan tetap bisa berjalan meskipun kita sedang mengalami pandemi Covid-19. Justru ada hikmah yang bisa kita ambil bahwa arah pendidikan memang harus menuju sistem edukasi 4.0,” ungkap Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh SMK-PP Negeri Kupang. UPT BPPSDMP yang berada di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur ini tengah melaksanakan kegiatan yakni Praktik Kerja Lapang (PKL).

Awalnya PKL hendak dilaksanakan di lembaga atau usaha yang bergerak di bidang pertanian. Karena adanya pandemi, siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang akhirnya diputuskan untuk melaksanakan PKL di rumah masing-masing. 

Sejak 3 Agustus 2020, SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan monitoring pada sisiwa yang melaksanakan PKL di Pulau Timor. Monitoring dilaksanakan selama 1 minggu ke berbagai kabupaten di Pulau Timor, seperti Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Malaka, hingga Atambua. Terdapat siswa yang melaksanakan PKL di luar Pulau Timor, contohnya Pulau Alor maupun Flores, tetapi tidak dimonitor sebab adanya pandemi. 

Monitoring sendiri bertujuan mengetahui perkembangan kegiatan PKL dan pembuatan laporan PKL siswa. Pembimbing dan panitia ditugaskan untuk melaksanakan monitoring ini. Saat monitoring pembimbing membawa form monitoring sebagai panduan data yang harus diperoleh. Dari form ini didapat gambaran pelaksanaan PKL beserta masalah yang dialami siswa. Masalah itu kemudian ditindaklanjuti agar dapat diatasi. Monitoring dilakukan dengan memperhatikan pencegahan penularan Covid-19 yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi kontak fisik.

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat