NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Perkuat Kerjasama dengan Belanda, SMK PP N Kupang Magangkan Siswanya

Sekolah Menengah Kejuruan menerapkan pendidikan dengan 70% praktik dan 30% teori. Hal ini berlaku juga dengan SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kupang yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP juga menerapkan sebagian besar pembelajarannya dengan kegiatan praktik. Meskipun adanya pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat guru dan siswa melaksanakan pembelajaran meskipun praktik dilakukan secara virtual.

            Salah satu bentuk kegiatan praktik yang dilaksanakan oleh SMK PP N Kupang adalah magang kewirausahaan di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Kegiatan magang ini diprakarsai oleh LMSINDO dari Belanda dengan menerapakan Pembelajaran Campuran (Blended Learning). Magang ini melibatkan siswa kelas X dengan berlokasi di GS Organik, Kota Kupang, NTT. Maksud dari kegiatan ini adalah belajar langsung dari pengusaha untuk mengenal dan mengelola bisnis pertanian meskipun hanya 1 hari dilakukan. Kegiatan magang tersebut mulai dari pembersihan tanah, pengolahan tanah, pemupukan, penanaman, pemanenan, pasca panen, pengepakan, sampai dengan wawancara pengelolaan keuangan kepada pemilik GS organik yang sekaligus sebagai Duta Petani Milenial Tahun 2020, Gestianus Sino.

“Kegiatan magang seperti ini harus sering dilakukan meskipun hanyasatu atau dua orang saja karena mereka akan lebih bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dengan melakukan praktik secara langsung”, tutur Gestianus Sino.

Menteri Pertanian pun mengapresiasi kredibilitas generasi muda di bidang pertanian yang semakin berkembang dengan kegiatan magang. “Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian,” kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan Kementan memiliki target menyiapkan generasi muda pertanian yang terampil dan kompeten serta siap bekerja di dunia usaha/dunia industri (DUDI) maupun membuka lapangan kerja baru. 

“Melalui Pendidikan vokasi diyakini dapat menselaraskan teori yang selama ini mendominasi pendidikan dengan praktik.  Untuk itu BPPSDMP terus melakukan  pembinaan dan pengembangan pendidikan menengah vokasi pertanian”, ujarnya. 

Kepala SMK PP N Kupang, Stepanus Bulu, mempunyai harapan bahwa kerjasama dengan Belanda ini bisa terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain di bidang pendidikan pertanian.

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat