NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Penuhi Kebutuhan Pakan, SMKPPN Kupang Perbanyak Rumput Odot

Sektor peternakan menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memperkuat ketahanan pangan dan mengakselerasi ekspor pertanian. Hal ini didukung SMKPPN Kupang yang meningkatkan produksi HPT untuk mengatasi kebutuhan pakan.

Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Negeri Kupang sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan dibawah naungan Kementan, memiliki salah satu program studi yang terkait erat dengan sektor peternakan, yakni agribisnis ternak ruminansia dan kesehatan ternak.

Kepala SMKPPN Kupang, Stepanus Bulu, mengatakan saat ini pihaknya berusaha mencukupi kebutuhan pakan ternak dengan pengembangan rumput odot dan rumput raja di lahan sekolah sebagai hijauan pakan ternak (HPT).

Selain untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak, penanaman  HPT ini merupakan salah satu sarana praktek siswa.  

"Bulan Maret ini kami  akan melakukan panen HPT periode penanaman Desember lalu. Penanaman dilakukan di 2 titik, 1 lahan untuk rumput odot, sementara lahan satunya untuk rumput raja," jelas Stepanus.

Ia pun menjelaskan rumput odot dan rumput raja merupakan hijauan makanan ternak yang termasuk dalam golongan rumput gajah. Perbedaan keduanya salah satunya terletak pada tinggi serta jumlah produksi. Keduanya termasuk rumput yang disukasi ternak, mudah dikembangkan, dan mudah beradaptasi. 

"Sektor peternakan merupakan sektor yang menonjol di Nusa Tenggara Timur khususnya di Kupang. Dengan  semakin banyak HPT di SMKPP N Kupang diharapkan mampu mencukupi kebutuhan pangan ternak. Selain itu siswa dapat belajar tentang HPT mulai dari proses budidaya, pengolahan hingga pengawetan HPT. Sekali dayung 2 manfaat kita raih," tambah Stephanus.

Kegiatan yang dilakukan SMKPPN Kupang pun mendapatkan apresiasi dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi. 

"Di tengah pandemi yang tak kunjung usai sangat penting untuk menyiapkan kemandirian di sektor pertanian. SMKPP N Kupang telah membuktikan dengan berupaya memenuhi kebutuhan ternaknya sendiri tanpa tergantung dari orang lain, bahkan bisa swasembada pakan ternak di lingkup sekolah," tutur Dedi.

Ia pun berharap upaya kemandirian dilakukan pula oleh UPT lainnya. "Kita harus mampu mengatasi semua masalah dan hambatan di sektor pertanian, dengan demikian kemandirian pangan akan terwujud," kata Dedi.

Cari Disini
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat