NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Kerjasama dengan Komisi IV DPR dan Dinas, SMK-PP Negeri Kupang Gelar Bimtek di Kabupaten TTS

SMK-PP Negeri Kupang bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI serta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengadakan Bimbingan Teknis untuk penyuluh dan petani. Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh itu dilaksanakan di dinas terkait di Kabupaten TTS pada Jumat lalu (16/04/2021).

Dalam acara itu Otnial Neonane selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan menjelaskan tentang pentingnya peran petani, kelompok tani, serta penyuluh dalam pembangunan pertanian di Kabupaten TTS.

“Kelompok tani memungkinkan petani untuk saling berinteraksi, memperoleh wawasan baru dari penyuluh, serta sebagai wadah untuk bekerjasama dalam usaha tani”, jelasnya.  Menurutnya keberadaan kelompok tani bisa mengatasi masalah-masalah yang terjadi di Kabupaten TTS, salah satunya ialah stunting. Ia berharap kelompok tani dan seluruh pemangku kebijakan bisa bersinergi dalam program Taskin Pemandu (Pengentasan Kemiskinan dengan Pertanian Mandiri Terpadu), sebuah program pertanian mandiri terpadu guna mengentaskan masyarakat miskin di desa.

Selain peran kelompok tani, peran penyuluh juga tak kalah penting. Hal itu seperti yang diungkapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Tanggungjawab penyuluh bukan hanya sekedar pertanian menjadi maju, akan tetapi pertanian harus menggunakan cara-cara baru untuk bisa menghadirkan efektifitas atau kemampuan yang lebih banyak lagi”, tuturnya.

Hal tersebut diamini oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi. Menurutnya, penyuluh harus memberikan kemampuan dalam memberikan pendampingan dan pengawalan di lapangan. Penyuluh juga harus memastikan produksi tetap berlangsung.