NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

SMK-PP Negeri Kupang Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Setelah melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring, beberapa instansi pendidikan di bawah Pusdiktan (Pusat Pendidikan Pertanian) Kementan akhirnya melaksanakan pembelajaran tatap muka. Karena masih di tengah pandemi, pembelajaran tatap muka dilaksanakan secara terbatas.

Di SMK-PP Negeri Kupang, unit pelaksana teknis Kementan yang ada di NTT, mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak Senin lalu (20/09/2021). Siswa yang diperkenankan masuk sekolah dan tinggal di asrama adalah siswa kelas XI. Sebelumnya, pada Sabtu (18/09/2021), siswa yang hendak masuk itu menjalani tes swab antigen. Hanya siswa dengan hasil tes non reaktif yang diperbolehkan mengikuti pembelajaran. Bagi siswa dengan hasil tes reaktif diperbolehkan menyusul setelah melaksanakan isolasi dan dinyatakan non reaktif. Selain itu, pada Kamis (23/09/2021) SMK-PP Negeri Kupang bekerjasama dengan Puskesmas Camplong telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada siswa yang masuk. Hingga sekarang, 96% siswa yang hadir di sekolah telah divaksin.

Berdasarkan keterangan Sitti Kamalia Kamal selaku Kepala Subbagian Tata Usaha SMK-PP Negeri Kupang, pihak sekolah menetapkan keputusan pembelajaran tatap muka berdasarkan kebijakan pemerintah.  “Berdasarkan Instruksi Mendagri No 44 Tahun 2021, pembelajaran tatap muka di sekolah dapat dilakukan secara terbatas pada daerah yang menyandang PPKM level 2”, terangnya. Diketahui, saat ini Kabupaten Kupang sudah turun level PPKM menjadi level 2.

Kelas XI diprioritaskan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka sebab angkatan tersebut sejak awal masuk sekolah telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dalam pembelajaran tatap muka ini, praktikum akan digencarkan untuk mengejar ketertinggalan. Sementara itu, siswa kelas X dan XII akan turut melaksanakan pembelajaran tatap muka jika kondisi telah membaik.

Tanggapan siswa mengenai pembelajaran tatap muka tergolong positif. Sahrul, siswa yang berasal dari Kabupaten Alor, mengaku senang karena akhirnya dapat bersekolah dan berinteraksi dengan guru secara langsung.

Tidak dipungkiri, pendidikan vokasi pertanian tidak dapat dilaksanakan secara daring sepenuhnya. Praktikum yang menjadi ciri khas dari pendidikan vokasi memang harus dilakukan secara tatap muka, dengan bimbingan dari guru yang ahli di bidangnya. Seperti yang diungkapkan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, bahwa pendidikan vokasi pertanian akan menghasilkan penerus pembangunan pertanian di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menambahkan bahwa instansi pendidikan vokasi pertanian harus memperkuat kurikulum.

Cari Disini
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39 Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Kode Pos 85371

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
Survei Kepuasan Masyarakat
WBS