NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Kaji Widya, Cara Kementan Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik

Pengembangkan kompetensi dan inovasi terus dikembangkan oleh Kementerian Pertanian. Hal tersebut seperti yang dilaksanakan di unit pelaksana teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP). BPPSDMP diketahui membawahi UPT di bidang pelatihan, penyuluhan maupun pendidikan sumber daya manusia pertanian.

SMK-PP Negeri Kupang selaku UPT BPPSDMP yang melaksanakan pendidikan vokasi tengah mengadakan kaji widya bagi guru atau tenaga pendidik. Pada Jumat (22/10/2021), para guru yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut memaparkan proposal kaji widya dalam kegiatan seminar.

“Kegiatan kaji widya ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru berkaitan dengan ilmu pertanian dan peternakan. Seminar proposal ini dilaksanakan untuk dapat menyempurnakan kaji widya yang akan dilaksanakan nantinya”, terang Kepala SMK-PP Negeri Kupang.

Dalam acara yang dihelat sejak pukul 08.45 WITA itu, terdapat 8 tim yang memaparkan proposal kaji widyanya. Topik kaji widya kali itu tergolong unik, sebab sangat sarat dengan kearifan lokal daerah Nusa Tenggara Timur. Contohnya ialah penelitian “Pengaruh Penambahan Ekstrak Kulit Buah Naga Terhadap Kualitas Fisik Daging Se’i Sapi”. Tak kalah menarik, ada juga kaji widya yang meneliti subtitusi tepung jagung pulut (Zea mays ceratina) pada sosis daging sapi. Selain itu, judul-judul lain pun menarik dan bermanfaat bagi perkembangan pertanian dan peternakan di Nusa Tenggara Timur.

Harapannya, inovasi-inovasi yang dihasilkan melalui kaji widya tersebut dapat juga ditularkan kepada peserta didik di SMK-PP Negeri Kupang. Hal tersebut mengingat bahwa inovasi adalah hal penting dalam pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa dalam industri 4.0 yang ditandai dengan mekanisasi pertanian ini, insan pertanian harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan berinovasi dalam usaha pertanian.

 Sementara itu menurut Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, bukanlah hal mustahil untuk mencapai swasembada pangan dengan perkembangan infrasturktur dan teknologi yang makin maju seperti sekarang ini.

Cari Disini
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39 Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Kode Pos 85371

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
Survei Kepuasan Masyarakat
WBS