NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Tingkatkan Usaha Peternakan, Kementan Lakukan Pembinaan Desa Mitra di Kabupaten Kupang

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa kemajuan pertanian harus dimulai dari desa. Desa adalah penghasil pangan bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu Kementerian Pertanian berupaya membangun wilayah pedesaan dengan memfasilitasi usaha pertanian. Hal tersebut seperti yang dilakukan melalui SMK-PP Negeri Kupang, yang merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian dibawah naungan BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian). SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan pemberian bantuan dan pembinaan bagi peternak di desa mitra di Kabupaten Kupang.

Diketahui, pada Jumat (08/07/2022) telah dilaksanakan penyerahan bantuan Desa Mitra di Kelompok Tani Usaha Mandiri. Kelompok Tani Usaha Mandiri adalah satu dari 5 kelompok tani yang menjadi sasaran program Desa Mitra/Sekolah Lapang di Desa Kuimasi, Kabupaten Kupang. Bantuan yang diberikan berupa 300 ekor anak ayam pedaging (broiler), pakan, tempat pakan, tempat minum, serta vitamin dan obat-obatan. Diketahui 4 kelompok lain telah menerima bantuan tersebut dan saat ini sedang menjalankan usaha ternak ayam broiler

Selain pemberian bantuan, Kementerian Pertanian juga melaksanakan Sekolah Lapang, yang merupakan pembelajaran non-formal bagi petani untuk dapat melaksanakan usaha pertanian yang bersinergi, produktif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, setiap 2 minggu tim program Desa Mitra/Sekolah Lapang SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan monitoring pada 5 kelompok tani yang ada di desa mitra. Melalui monitoring tersebut, dapat dilihat perkembangan usaha ayam broiler yang dilaksanakan kelompok tani. Jika terdapat masalah, maka dapat diatasi bersama-sama dengan tim monitoring yang juga merupakan tenaga ahli dalam usaha ayam broiler. Sejauh ini, usaha ayam broiler kelompok tani desa mitra berjalan dengan lancar.

Menurut keterangan ketua pelaksana program Desa Mitra/Sekolah Lapang SMK-PP Negeri Kupang, melalui pembinaan ini diharapkan kelompok tani di Desa Kuimasi dapat mengelola usaha ternak ayam broiler dari manajemen pemeliharaan, pembukuan hingga pemasaran. Dengan berhasilnya pembinaan ini, diharapkan kelompok tani dapat menopang perekonomian di desa hingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Pembinaan sumber daya pertanian dianggap sebagai kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi. "Dimulai dengan pembangunan pendidikannya, pelatihannnya, dan penyuluhannya," tuturnya.

Cari Disini
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39 Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Kode Pos 85371

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Check Our Insta!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
WBS
Survei Kepuasan Masyarakat