NEWS UPDATE :  
SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

Berita

Selaraskan Kompetensi DuDi, SMK PP Negeri Kupang Gelar Seminar PKL,

Sebagai generasi petani milenial, pengalaman memasuki dunia usaha dan industri (Dudi) yang sesungguhnya adalah hal terpenting. Hal ini berpengaruh besar bagi pembangunan pertanian.

Melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) inilah lulusan pendidikan vokasi di bawah Kementerian Pertanian diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan pertanian.

Harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa generasi mudah milenial haruslah siap menghadapi tantangan global dengan mampu bekerjasama sekaligus bersaing dengan orang lain.

Pernyataan tersebut tentu saja didukung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang menyampaikan bahwa persaingan global saat ini sangat ketat maka dari itu kemampuan bertani yang cerdik dapat membawa  pertanian tradisional Indonesia menuju pertanian modern.

Adapun Praktik Kerja Lapangan (PKL) telah selesai dilaksanakan oleh peserta didik kelas XII selama 2 bulan terhitung tanggal 8 Agustus - 30 September 2022.

Tibalah saatnya pelaksanaan seminar PKL yang dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu terhitung tanggal 17 – 26 Oktober 2022 dan resmi dibuka pada hari Senin, 17 Oktober 2022.

Sebelum melaksanakan seminar PKL, siswa harus menyelesaikan laporan PKL yang telah mereka susun di lokasi PKL.

Seminar PKL ini adalah kegiatan dimana peserta didik mempresentasikan hasil dari praktik kerja lapangan yang telah kita laksanakan, meliputi uji kompetensi yang mereka telah peroleh kepada penguji dari pihak sekolah dengan tujuan untuk mengetahui sebatas mana ilmu yang mereka peroleh dari kegiatan praktik kerja lapangan tersebut.

Pelaksanaan seminar ini bertempat di Aula Nicoolas Bait SMK PP Negeri Kupang yang diikuti oleh 63 orang peserta kelas XII.

Menurut Stepanus Bulu selaku Kepala SMK PP Negeri Kupang, Ia sangat mendukung kegiatan ini.

Menurutnya Seminar PKL bukanlah ujian, melainkan pertanggungjawaban atas apa yang telah mereka lakukan selama melakukan PKL di dunia usaha/industri.

“Kegiatan Seminar PKL ini berjalan dengan baik dengan diikuti oleh seluruh peserta didik Kelas XII sebanyak kurang lebih 63 peserta yang berasal dari 3 kompetensi keahlian serta pengujinya pun adalah guru yang berasal dari masing-masing program studi. Semoga melalui seminar PKL ini peserta didik terlatih untuk melakukan presentasi di depan publik dikemudian hari”, tambah Stepanus.

Dengan dilaksanakannya praktik kerja lapangan ini, diharapkan para peserta didik yang telah melaksanakan kegiatan ini selama 2 bulan lamanya dapat menemukan pengetahuan dan pengalaman baru sehingga mereka dapat menjadi job creator ataupun job seeker sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Setelah ujian dilakukan, bagi siswa yang sudah memenuhi prasyarat lulus PKL maka akan mendapat sertifikat yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Ketua Panitia Pelaksana.



Cari Disini
Kontak
Alamat :

JL. Timor Raya KM. 39 Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Kode Pos 85371

Telepon :

08113863004 - 08113863004

Fax :

(0380)822262

Email :

sppnkupang@pertanian.go.id

Website :

www.smkppnkupang.sch.id

Media Sosial :
PENGUMUMAN UN
Check Our Youtube Channel!
Give us your feedback!

Bagaimanakah pelayanan di website SMK-PP Negeri Kupang?

  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup
  Kurang Memuaskan
  Tidak Memuaskan

  Hasil Polling
Check Our Insta!
Survei Kepuasan Masyarakat
WBS